Menu

Ayo Maksimalkan Peluang Kamu di Jalur Undangan SNMPTN 2017!

Jalur Undangan SNMPTN 2017 – SNMPTN itu jalur asik masuk Perguruan Tinggi Negeri lho! Asyik karena tanpa mengikuti ujian saringan. Tentunya nilai menjadi patokan utama. Kesempatan ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Ada dua hal pokok yang perlu diperhatikan buat kalian yang ingin mengambil jalur ini. Seperti memilih jurusan apa dan memilih kampus manakah yang tepat. Hati-hati lho Guys jangan sampai kalian salah pilih!

Orang Jawa menggunakan istilah “bibit bebet bobot” dalam memilih pasangan hidup, begitu pula soal menentukan jurusan dan kampus. Jangan sampai empat tahun perkuliahan ada rasa menyesal, apalagi sampai drop out.  Berikut langkah-langkah yang perlu kalian siapkan untuk menuju SNMPTN gemilang. Yuk simak!

Kenali dulu minat kalian

Setiap orang di dunia ini pasti mempunyai minatnya masing-masing. Minat itu berkaitan dengan hal-hal yang kalian sukai. Coba renungkan waktu kalian selama tiga tahun terakhir di sekolah.

Apa sih pelajaran yang paling disukai? Nah buatlah daftar acuan untuk mengukur minat adek-adek, misalnya lihat nilai rapor.

Pelajaran manakah yang memiliki nilai paling menonjol di rapor adek-adek. Nah jika kalian sudah menemukan nilai pelajaran tertinggi, kerucutkanlah pada satu bidang studi.

Pilihan bidang studi kamu akan menentukan jurusanmu. Ketahuilah Adek-adek! Bidang studi yang kalian pilih kemungkinan besar bisa menjadi profesi kalian juga. Tentukanlah bidang studi dengan tepat OK!

Bidang studi bisa dibagi menjadi empat yaitu kesenian, sosial humaniora, sains teknologi, dan kesehatan. Bidang kesenian misalnya tari, foto, film , teater, musik, desain, dan kriya.

Bidang sosial humaniora misalnya psikologi, sastra, ilmu sosial, ilmu politik, hukum, dan ekonomi. Bidang sains teknologi misalnya teknik, komputer, matematika, ilmu pengetahuan alam, dan farmasi. Bidang kesehatan misalnya kedokteran, kesehatan, dan keperawatan.

Pilihlah jurusan dengan tepat!

Jurusan pilihanmu biasanya juga akan menentukan profesimu setelah lulus nanti. Adek-adek perlu melakukan riset kecil-kecilan, maksudnya perlu melakukan penelitian atau penelusuran.

Coba, tanya kepada senior yang sudah kuliah. Selain itu coba datang pada acara bedah kampus. Kalau ingin praktis mudah kok, tinggal searching pakai mbah google.

Ada dua hal yang perlu ditelusuri yaitu kurikulum dan prospek kerja jurusan. Kurikulum berkaitan dengan mata kuliah apa saja yang akan diikuti saat kuliah.

Penelusuran ini perlu dilakukan supaya tidak kaget saat kuliah. Adek-adek bisa lebih mempersiapkan diri setelah mengetahui mata kuliah apa saja yang akan ditempuh.

Tujuan kuliah ngga sekedar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan mendapatkan ijazah saja. Carilah informasi mengenai prospek kerja. Kalian harus tahu setelah lulus mau kerja di mana.

Setelah melakukan penelusuran jurusan, sudah saatnya kalian memantapkan hati pada satu jurusan. Jangan jadi seperti peribahasa “bagai air di atas daun talas.”

Maka dari itu mencari informasi tentang jurusan sangatlah perlu dilakukan. Jangan cuman ikut-ikutan teman saja, bahaya itu!

Telusuri informasi kampus yang akan kalian tuju!

Sekarang giliran kalian memilih kampus sesuai dengan jurusan yang dipilih. Sebelum itu kumpulkanlah segala informasi mengenai kampus yang akan kalian tuju. Tak jauh berbeda dengan memilih jurusan.

Carilah informasi tentang nilai akreditasi kampus dan kondisi lingkungan kampus. Akreditasi kampus sangat mempengaruhi keadaan sistem birokrasi, sarana, fasilitas dan sebagainya. Nilai akreditasi kampus juga akan berpengaruh pada dunia kerja lho. Cermatlah dalam penelusuran ini.

Kondisi lingkungan kampus berkaitan dengan lingkungan belajar kalian nanti. Sarana belajar misalnya ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dan tempat fotokopi.

Akomodasi selama kuliah misalnya asrama mahasiswa atau kos-kosan terdekat dari kampus. Jangan lupa cari informasi di mana tempat cari makan terdekat, agar nantinya bisa menyusun anggaran belanja kalian selama kuliah.

Konsultasi dengan guru BK! Siapa takut.

Guys! Cobalah minta nasehat dan saran dari guru Bimbingan Konseling (BK). Jangan takut dan ragu datang ke ruang BK. Meminta petunjuk mengenai jurusan dan kampus yang kalian pilih.

Pasti Bapak/Ibu guru akan bersedia mengarahkan. Biasanya guru BK memiliki sejumlah informasi mengenai berbagai jurusan dan kampus.

Pada masa-masa mendekati pendaftaran kuliah, udah banyak tuh brosur-brosur perguruan tinggi di ruang BK. Guru BK bisa memberikan arahan-arahan dan saran pada jurusan dan kampus yang kalian pilih. Jadi jangan ragu lagi untuk mengunjungi ruang BK. OK!

Kekuatan Doa

Setelah Adek-adek mantap dengan jurusan dan kampus yang dipilih, sekarang tinggal berdoa. Jangan lupakan langkah yang satu ini lho! Berdoa memberikan kita semangat dan membangkitkan energi positif pada diri kita. Terlebih doa restu dari Ayah dan Ibu. Lalu banyakin amal, tak ada salahnyakan berbuat baik dengan sesama.

Hasil sekolah yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula. Jika harapan tak sesuai, jangan putuh asa. Terus mencoba, jangan pantang menyerah! Tuhan pasti telah mempersiapkan yang terbaik. Persiapkan semua dengan matang.

Untuk Mendukung belajar Adek-adek dalam mempersiapkan SNMPTN 2017 bisa juga lho belajar di Prime Mobile. Media belajar terlengkap dan menyenangkan! Semangat menyambut SNMPTN 2017 ya Adek-adek!

No comments

Tinggalkan Balasan

Kamu Termasuk Orang…

Sahabat juara, buat kalian nih yang mempunyai keahlian dan ingin bekerja di industri kreatif pada 16 sektor yang meliputi…

4 Tips…

(sumber: http://reyhaninfo.blogspot.com) Mengerjakan soal ujian dengan efektif, sangat…

0 14

Tips Cara…

Sahabat Juara, Matematika banyak yang bilang salah…

0 9

Kamu Termasuk Orang…

Sahabat juara, buat kalian nih yang mempunyai keahlian dan ingin bekerja di industri kreatif pada 16 sektor yang meliputi…

4 Tips…

(sumber: http://reyhaninfo.blogspot.com) Mengerjakan soal ujian dengan efektif, sangat…

0 14

Tips Cara…

Sahabat Juara, Matematika banyak yang bilang salah…

0 9