Menu

GERAKAN LITERASI SEKOLAH ADA DI PRIME MOBILE

Keterampilan membaca berperan penting dalam kehidupan kita karena pengetahuan diperoleh dari membaca. Oleh karena itu, keterampilan membaca harus dikuasai anak-siswa secara baik. Bahkan UNESCO (United Nations Educationas, Scientific and Cultural Organization) menjelaskan bahwa kemampuan literasi adalah hak setiap orang dan merupakan dasar seseorang untuk belajar sepanjang hayat.

Mulai Januari 2016, Pemerintah dalam hal ini Kemendibud menggalakkan salah satu kegiatan dasar pendidikan yaitu literasi dengan nama Gerakan Literasi Sekolah (GLS) baik untuk jenjang SD, SMP, maupun SMA. Hal ini menandakan dengan jelas upaya, pemerintah untuk mengajak gerakan ini di sekolah sebagai organisasi pembelajaran agar warga belajarnya menjadi warga yang literat sepanjang hayat selama ada di sekolah.

Tahapan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) jenjang SD-SMP-SMA ini hakikatnya sama yakni :

  1. Tahapan Pembiasaan berupa kegiatan 15 menit membaca
  2. Tahapan Pengembangan berupa kegiatan menanggapi buku pengayaan
  3. Tahapan Pembelajaran berupa kegiatan meningkatkan literasi dg membaca semua mata pelajaran

Khusus untuk GLS (Gerakan Literasi Sekolah) jenjang SMA pada tahapan pengembangan memiliki komponen literasi lebih banyak yaitu :

  1. Literasi Dasar (Basic Literacy) yakni mampu membaca, menyimak, menghitung, menulis
  2. Literasi Perpustakaan (Library Literacy) yakni mampu memahami fiksi, nonfiksi, katalog, penelitian
  3. Literasi Media (Media Literacy) yakni mampu memahami media cetak, elektronik, internet dll
  4. Literasi Teknologi (Technology Literacy) yakni mampu memahamai teknologi hardware maupun software
  5. Literasi Visual (Visual Literacy) yakni mampu memahami sesuatu yang divisualkan,misal : film, iklan, video pembelajaran dll

Literasi dari bahasa latin Literature, yang bisa  diartikan kemampuan melek huruf (aksara) yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Secara umum, Literasi adalah kemampuan individu unutk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian dalam pekerjaan, keluarga, dan masyarakat. Sedangkan Literasi yang kita sepakati pengertiannya di lingkungan sekolah di Indonesia adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas membaca, menulis, melihat, menyimak atau berbicara.

Kegiatan literasi komprehensif inilah yang menjadikan salah satu sebab PRIME MOBILE hadir di tengah-tengah masyarakat pendidikan, khususnya siswa sekolah.

Konon menurut kabar berita, dalam PIRLS (Progress in International Reading Literacy Study) lewat kegiatan International Result in Reading yang diadakan 5 tahun sekali, Indonesia pada tahun 2011 menempati rangking 45 dari 48 negara yang mengikuti. Cukup membuat kita prihatin, karena hasil akhir dari membaca di Indonesia belum bisa memberikan pemahaman yang baik.

Rendahnya Literasi, khususnya keterampilan membaca itu, menggugah Kemendikbud untuk segera menggalakkan kegiatan literasi agar para siswa mejadi siswa-siswa yang literat dimulai dari sekolah lewat GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dengan melibatkan publik. Publik yang terkait dengan siswa sekolah, baik di pendidikan nonformal maupun pendidikan informal , baik pengelolaan negeri maupun pengelolaan swasta, diharapkan benar berpartisipasi aktif untuk gerakan ini.

PRIME MOBILE sebagai lembaga penyedia konten pengetahuan SD-SMP-SMA sangat berkompeten dengan kegiatan literasi ini guna bersama-sama meningkatkan kemampuan dan pengetahuan anak- siswa lewat kegiatan membaca via online.

PRIME MOBILE memberikan media konten belajar dengan online ini bertujuan agar :

  1. Materi belajar dengan cepat bisa diakses siswa sekolah setiap saat : kapan pun, di mana pun dengan membaca isi atau konten belajar di Prime Mobile
  2. Secara cepat, siswa bisa segera memahami apa yang sedang dipelajari karena pada konten Prime Mobile yang dilengkapi dengan latihan pemecahan masalah belajar yang berupa pembahasan teks maupun video
  3. Secara cepat dan cerdas, siswa selalu belajar dengan “ Trial and Error “ untuk menguasai materi belajar dengan membaca dan menyimak dengan baik materi belajar PRIME MOBILE karena di dalamnya disediakan berbagai soal/masalah  per sub bab/sub tema sehingga siswa menjadi terbiasa menghadapi masalah materi belajar

Serta dengan ribuan media video yang disediakan PRIME MOBILE, kegiatan literasi yang berupa menyimak maupun berbicara pun terakomodasi dengan pembelajaran online PRIME MOBILE.

Semua yang ada di PRIME MOBILE adalah salah satu media perwujudan kegiatan Literasi masyarakat untuk bisa mengakses, memahami, dan menggunakan materi belajar secara cerdas melalui membaca dan menyimak isi materi PRIME MOBILE sesuai jenjangnya.

Bagi para siswa SD dan SMP memiliki keuntungan yang berlipat karena dalam tahapan literasi pengembangan,  PRIME MOBILE menyediakan berbagai pengembangan dengan literasi media dan visual sejak dini. Inilah keuntungan belajar online via PRIME MOBILE !

PRIME MOBILE juga melibatkan publik dalam kegiatan literasi ini dengan melibatkan guru, sekolah, orang tua yang diwadahi dengan program PSEP (Prime Standard for Education Practice) yakni program integratif antara PRIME MOBILE dengan Sekolah, Guru, dan Orang Tua Siswa. Berbagai benefit bagi siswa, sekolah, guru dan orang tua telah disiapkan secara komprehensif oleh Prime Mobile.

Salam Literasi PRIME MOBILE !!

 

Yogyakarta, 9 Juni 2017

Praktisi Pendidikan,

Drs. Supriyadi, M.M.

No comments

Tinggalkan Balasan

Kamu Termasuk Orang…

Sahabat juara, buat kalian nih yang mempunyai keahlian dan ingin bekerja di industri kreatif pada 16 sektor yang meliputi…

4 Tips…

(sumber: http://reyhaninfo.blogspot.com) Mengerjakan soal ujian dengan efektif, sangat…

0 278

Tips Cara…

Sahabat Juara, Matematika banyak yang bilang salah…

0 261

Kamu Termasuk Orang…

Sahabat juara, buat kalian nih yang mempunyai keahlian dan ingin bekerja di industri kreatif pada 16 sektor yang meliputi…

4 Tips…

(sumber: http://reyhaninfo.blogspot.com) Mengerjakan soal ujian dengan efektif, sangat…

0 278

Tips Cara…

Sahabat Juara, Matematika banyak yang bilang salah…

0 261