Menu

Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

“Karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, tabiat, watak, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain“ (Kamus Lengkap Bhs Indonesia).

Atas dasar itu, pendidikan karakter bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, namun pendidikan karakter lebih dengan menanamkan kebiasaan tentang hal yang baik. Anak menjadi lebih paham/tahu  (kognitif) tentang mana yang benar dan salah, anak mampu merasakan nilai yang baik (afektif) dan anak biasa dan terampil melakukannya (psikomotor).

Dari banyak artikel tentang karakter, anak banyak belajar dari kebiasaan hidupnya yang berpengaruh pada karakter, contoh :

  1. Jika anak dibesarkan dengan olok-olok, ia belajar rendah diri
  2. Jika anak dibesarkan dengan dorongan , ia belajar percaya diri
  3. Jika anak dibesarkan dengan pujian, ia belajar menghargai, dll.

Dengan melihat contoh-contoh di atas, variabel pendidikan karakter yang baik harus melibatkan aspek pengetahuan yang baik (moral knowing), aspek perasaan agar bisa merasakan dengan baik (moral feeling), dan aspek perilaku agar dapat berperilaku yang baik (moral action).

Pendidikan karakter sudah pernah diluncurkan sebagai gerakan nasional pada 2010. Namun, gema gerakan pendidikan karakter ini belum cukup kuat. Karena itu, pendidikan karakter perlu diperkuat kembali menjadi gerakan nasional pendidikan karakter bangsa melalui program nasional Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Nilai-Nilai Utama Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah

Tujuan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah menanamkan nilai-nilai pembentukan karakter bangsa melalui implementasi nilai-nilai utama PPK yaitu :

  1. Religius
  2. Nasionalis
  3. Mandiri
  4. Gotong-royong
  5. Integritas

Nilai-nilai ini ingin ditanamkan dan dipraktikkan melalui sistem pendidikan nasional agar diketahui, dipahami, dan diterapkan di seluruh  sekolah dan di masyarakat..

Kelima hal di atas yang akan menjadi fokus pembelajaran dan  pembiasaan. Dengan pendidikan karakter ini diharapkan  siswa dapat mengubah perilaku, cara berpikir dan cara bertindak agar menjadi lebih baik dan berintegritas.

Gerakan penguatan pendidikan karakter menjadi semakin mendesak dilakukan karena maraknya tindakan intoleransi dan kekerasan yang mengancam kebinekaan dan keutuhan negara, munculnya perilaku kekerasan dalam lingkungan pendidikan dan di masyarakat, kejahatan seksual, tawuran pelajar, pergaulan bebas dan narkoba pada anak-anak muda.

Pendidikan Karakter inilah yang salah satunya menjadi perhatian khusus bagi PRIME GENERATION untuk bersinergi secara integratif dengan orang tua dan sekolah agar semua siswa dapat memiliki kebiasaan lebih baik.

Ada pun kebiasaan baik tersebut dapat terukur lewat CERDAS INTEGRATIF yang disiapkan dalam Kurikulum Prime Character untuk siswa Prime Generation yaitu :

  1. Cerdas Sipritual
  2. Cerdas Emosional – Sosial
  3. Cerdas Intelektual
  4. Cerdas Kinestetis

Pendidikan Karakter yang diberlakukan pada lembaga semacam Prime Generation adalah terobosan baru dalam dunia pendidikan. Sebagai lembaga yang meng-edukasi siswa untuk bisa sukses, tentunya tidak hanya sukses dari pengetahuan yg dipelajari namun juga sukses berkarakter Cerdas Integratif seperti yang ditanamkan pada siswa Prime Generation.

Salam Juara dan Berkarakter !

 

Yogyakarta, 16 Juni 2017

 

Pemerhati Pendidikan,

Drs. Supriyadi, M.M.

 

No comments

Tinggalkan Balasan

Kamu Termasuk Orang…

Sahabat juara, buat kalian nih yang mempunyai keahlian dan ingin bekerja di industri kreatif pada 16 sektor yang meliputi…

4 Tips…

(sumber: http://reyhaninfo.blogspot.com) Mengerjakan soal ujian dengan efektif, sangat…

0 278

Tips Cara…

Sahabat Juara, Matematika banyak yang bilang salah…

0 261

Kamu Termasuk Orang…

Sahabat juara, buat kalian nih yang mempunyai keahlian dan ingin bekerja di industri kreatif pada 16 sektor yang meliputi…

4 Tips…

(sumber: http://reyhaninfo.blogspot.com) Mengerjakan soal ujian dengan efektif, sangat…

0 278

Tips Cara…

Sahabat Juara, Matematika banyak yang bilang salah…

0 261